Kamis, 06 Oktober 2011

Manfaat Internet

Pemanfaatan INTERNET dalam Dunia Pendidikan

Beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan antara lain :
-          arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat
-          kemudahan mendapatkan resource yang lengkap
-          aktifitas pembelajaran pelajar meningkat
-          daya tampung meningkat
-          adanya standardisasi pembelajaran
-          meningkatkan learning outcomes baik kuantitas maupun kualitas

Manfaat INTERNET dalam Dunia Usaha

Dengan semakin berkembangnya INTERNET sekarang ini, semakin berkembang pula pemanfaatan INTERNET dalam upaya manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satunya adalah memanfaatkan INTERNET dalam dunia usaha mereka. Dengan semakin banyak orang yang memanfaatkan/menggunakan INTERNET, juga membuka peluang tersendiri. Seperti peluang untuk menyediakan jasa layanan INTERNET ( ISP ), warung INTERNET ( warnet ), VoIP ( voice over internet protocol ), dan lain sebagainya.

Pemanfaatan Internet dalam Pemerintahan

Pemanafaatan INTERNET dalam suatu institusi dapat membuat pekerjaan semakin efektif. Untuk dinas pemerintahan, internet akan sangat membantu dalam menyukseskan program e- government. Dalam e-government, internet menjadi teknologi yang berperan dalam proses penyediaan dan transfer informasi dari pemerintah kepada pihak lain, misalnya warga masyarakat, ataupun sebaliknya.
Dengan porogram e-goverment tersebut, suatu dinas pemerintahan lokal maupun nasional, dapat mempresentasikan keunggulan dan potensi-potensi daerah masing-masing, seperti potensi usaha, potensi pariwisata, kekayaan dan sumber daya alam, dan sebagainya. Sehingga akan sangat membantu pelayanan terhadap masyarakat luar maupun masyarakat setempat yang membutuhkan informasi tentang daerah yang dimaksud.
Dengan demikian, secara tidak langsung akan membantu perkembangan suatu daerah, dalam hal ekonomi, sosial, kebudayaan, dan yang lainnya. Orang luar akan dapat mengetahui peluang-peluang usaha di suatu daerah dengan mudah melalui e-goverment. Begitu juga masyarakat setempat akan dapat mempresentasikan kekayaan atau produk-produk daerah setempat, sehingga masyarakat luar dapat mengetahuinya.
Di Bidang Usaha
Mempromosikan suatu barang yang dibuat dapat dilakukan di internet. Kita dapat meng-upload foto-foto barang yang ingin kita jual di suatu situs social networking atau situs pribadi. Dan banyak cara juga menghasilkan uang diinternet.

  Di Bidang Sosial
Dengan adanya situs social networking, kita dapat berkomunikasi dengan berbagai orang di penjuru dunia, bahkan dengan teman lama dll.

 Di Bidang Kesehatan
Untuk mengetahui perkembangan penyakit-penyakit di seluruh dunia dan mengetahui alat-alat kedokteran yang terus-menerus semakin canggih, hal tersebut kita ketahui melalui internet.

  Hiburan
Rutinitas yang tiada henti membuat kita membutuhkan hiburan, hiburan dapat kita lakukan dimana saja begitupula di internet. Menonton video di youtube (http://www.youtube.com), mendengarkan lagu-lagu di immeem(http://www.imeem.com), bermain game yang ada di situs sosial networking (http://www.facebook.com , http://www.hi5.com, http://www.myyearbook.com, http://www.myspace.com dll) atau game onlines  dsb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar